26 June 2015

Bupati Bandung Barat terlantarkan Pedagang Pasar Lembang

Jalurberita.com - Hampir dua bulan kejadian kebakaran yang menimpa pasar panorama lembang kecamatan lembang kabupaten bandung barat namun proses relokasi pasar sementara, penertiban pasar belum juga dilaksanakan bahkan penelusuran jalurberita.com banyak ditemukan pedagang yang tadinya tidak berjualan menempati lokasi yang harusnya ditempati oleh pedagang yang terkena musibah.

Terkesan para pedagang pasar lembang diterlantarkan karena kehadiran pemerintah tidak ada dalam kondisi kritis tapi ada pada waktu stabil keluh pedagang pasar lembang. keberadaan pemerintah ada pada saat penangihan iuran baik yang dilakukan oleh dinas pasar maupuin yang dialkukan dinas perhubungan pemerintah kabupaten bandung barat.

Dihubungi terpisah ketua DPD Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) Kabupaten Bandung Barat (KBB) Armamento Barani Zebua meminta Pemkab segera membuat pasar darurat bagi korban kebakaran Pasar Panorama Lembang. "Pembangunan pasar darurat bagi korban kebakaran perlu dilakukan segera agar kehidupan para pedagang bisa kembali tumbuh," tegasnya.

Dia pun meminta pembangunan pasar darurat itu harus menggunakan anggaran APBD. Para pedagang wajib dibebaskan dari biaya apapun atas dasar kemanusiaan karena mereka telah menjadi korban kebakaran. Apabila pemerintah benar-benar kembali akan membangun Pasar Panorama, sambungnya, dengan tegas dia akan menolak pembangunan apabila menggunakan pihak ketiga atau investor.

"Atas keinginan seluruh korban kebakaran, saya harapkan nantinya pedagang tidak dipungut biaya apapun," tegasnya.

Untuk memastikan supaya pedagang benar-benar menempati tempat yang barunya, Ikappi juga meminta Pemkab dapat mengawasi dan memastikan seluruh korban kebakaran mendapat tempat berdagang di pasar yang telah dibangun, tanpa dipungut biaya sepeser pun. "Agar penempatan pedagang bisa sesuai harapan, DPD Ikappi akan mengawal proses kepindahan pedagang ke lokasi pasar sementara sampai kembali menempati Pasar Panorama Lembang," ujar dia.

Pihaknya juga meminta pemerintah melibatkan pedagang dalam menentukan lokasi pemindahan pasar sementara, sampai dengan pembangunan kembali Pasar Panorama Lembang selesai. "Kami meminta paguyuban dan semua elemen berkoordinasi dengan pedagang terlebih dahulu dan tidak mengambil sikap apapun yang dapat merugikan pedagang seperti menentukan tempat pasar darurat, pasar permanen maupun penentuan tarif dan harga kios," bebernya.

No comments: