06 March 2015

Bupati Minta Investor Manfaatkan Muatan Lokal

Jalurberita.com - Bupati Bandung Barat, H. Abubakar menitipkan muatan lokal seperti Sumber Daya Manusia (SDM) dan Sumber Daya Alam (SDA) yang dimiliki agar dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh para pengusaha yang hendak menginvestasikan modalnya, sehingga terjadi sebuah kesinambungan yang saling menguntungkan antara para pengusaha, pemerintah daerah dan masyarakat. 

Muatan lokal yang dimaksud oleh Abubakar adalah SDM terkait masyarakat yang berada disekitar tempat usaha para investor agar bisa dimanfaatkan menjadi tenaga kerja, sehingga manfaat dari investasi yang ditanamkan tidak hanya oleh pemilik moddal saja, tetapi akan jauh lebih dirasakan oleh masyarakat dengan terbukanya lapangan dan kesempatan kerja. 

"Dengan terbukanya lapangan dan kesempatan kerja akibat nilai investasi yang ditanamkan para investor di wilyah Kab. Bandung Barat, maka para pengusaha juga turut membantu program pemerintah dalam mengurangi angka pengangguran dan meningkatkan kesejahteraan serta taraf kehidupan masyarakat. Sehingga, keuntungan dapat dirasakan oleh seluruh sektor, baik pengusaha, pemerintah daerah maupun masyarakat," terang Abubakar disela-sela pembukaan Sosialissi Perturan Daerah Dan Peraturan Bupati Tentang Pengendalian dan Pengawasan Penjualan Minuman Beralkohol di Lembang beberapa waktu lalu. 

Selain SDM, Bupati juga menitipkan potensi SDA yang dimiliki Kab. Bandung Barat. Sebab, kondisi lingkungan menjadi daya tarik tersendiri, terutama untuk sektor pariwisata. "Jadi saya berharap para investor tetp berinvestasi tanpa merusak alam. Pasalnya, kondisi alam Kab. Bandung Barat menjadi daya tarik utama untuk mendtangkan keuntungan bagi para pengusaha melalui sektor pariwisata," tegasnya. 

Sedangkan mengenai pembatasan perijinan terhadap pembangunan di Kawasan Bandung Utara (KBU), Abubakar menjelaskan bahwa hal tersebut tidak menjadi halangan bagi para investor untuk berinvestasi selama mereka taat terhadap berbagai aturan yang berlaku, maka pemerintah provinsi juga dipastikan akan memberikan rekomendasi dan ijin pembangunan. 

"Karena, tujuan yang sebenarnya dari KBU adalah untuk lebih menjaga dan melestarikan lingkungan, sehingga kondisi alam bisa tetap terjaga tanpa menghilangkan nilai investasi untuk kepentingan bersama," tuturnya. (**)

No comments: