20 October 2014

Setda Tingkatkan Kualitas SDM Aparat

Jalurberita.com - Dalam melaksanakan pembangunan yang berorientasi pada Visi Cerdas, Rasional, Maju, Agamis dan Sehat yang menjadi cita-cita Kab. Bandung Barat, yang menjadi subyek utama adalah membangun kualitas sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. Termasuk kualitas SDM aparatur mupun kualitas masyarakat, sehingga berbagai upaya dalam menjadikan hari esok yang lebih baik dari hari ini bisa terwujud seperti yang telah direncanakan.

Untuk merealisasikan cita-cita tersebut, akhir pekan lalu Pemerintah Kab. Bandung Barat melakukan pembinaan terhadap 115 pegawai esselon 2, 3, 4 dan jajaran staf di Lingkup Sekretariat Daerah (Setda) Kab. Bandung Barat yang dikemas dalam Diklat Teknis Fungsional dan Kepemimpinan sebagai Pembinaan dan pengembangan aparatur dengan tema "Achieving In Harmony" untuk mencapai sebuah tujuan dalam keharmonisan.

Menurut Sekertaris Daerah (Sekda) Kab. Bandung Barat, Drs. Maman S. Sunjaya, M.Si, pembinaan aparatur merupakan hal yang wajib dilakukan agar terlahir SDM aparat yang lebih berkualitas, terutama di Lingkup Setda sebagai corong utama dalam menterjemahkan visi kepala daerah untuk kembali dikomuniksikan serta dikoordinasikan dengan seluruh dinas dan instansi yang berada dalam pemerintahan daerah.

"Sebenarnya temen-teman di setda mempunyai potensi untuk bisa lebih baik dan lebih maju lagi dalam melaksanakan tugas. Dan kini sinergitas diantara para aparat makin terlihat jelas krn mampu bekerjasama dan komunikasi yang lebih baik dalam pecahkan berbagai permasalahan yang akan dihadapi," ujar Maman ketika menutup Diklat Teknis Fungsional dan Kepemimpinan dalam Pembinaan dan Pengembngan Aparatur Lingkup Setda Kab. Bandung Barat di Lembang, Sabtu (18/10) malam.

Kepala Bagian Tata Usaha Pimpinan Setda Kab. Bandung Barat H. Deni Mulyana Syukur, S.Pd dalam laporannya menegaskan bahwa untuk menjlankn roda pemerintahan diperlukan aparat yg profesional n handal sebagai motor penggerak pembangunan dan pelayanan kepada msyarakat agar dapat mewujudkan berbagai rencana dan cita-cita yang telah ditentukan.

"Kegiatan ini secara spesifik bertujuan untuk membentuk aparat agar dapat menterjemahkan dan mewujudkan Visi Cermat, meningkatkan komunikasi yang lebih efektif, membangun empati sesama pegawai dan meningkatkan pemahaman terhadap karakter kerja," tegasnya.

Selain itu, Deni menjelaskan bahwa pembinaan aparatur ini juga bertujuan untuk meningkatkan kepedulian dan sensitifitas aparat serta meningkatkan koordinasi guna mencapai target kinerja dalam sebuah keharmonisan khususnya di lingkup Setda Kab. Bandung Barat. Dengan demikian, seluruh harapan dan cita-cita yang terkandung dalam Visi Cermat bisa tercapai sebagaimana mestinya.

Sementara itu, Bupati Bandung Barat, H. Abubakar menuturkan bahwa peran Setda sebagai. Sebuah orgnisasi dalam pemerintahan sangatlah vital karena harus bisa menterjemahkan dan menyalurkan berbagai keinginan serta pemikiran seorang kepala daerah yang terkandung dalam visi dan misi yang telah direncanakan untuk dikoordinasikan dan dikomunikasikan lebih lanjut dengan dinas serta instansi terkait lainnya. "Pasalnya, saat ini tuntutuan masyarakat kepada aparat pemerintahan semakin tinggi dan homogen. Dan sudah menjadi tugas serta kewajiban kita para aparat untuk menjawabnya, sehingga dapat meminimalisir kesenjangan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Abubakar.

Ia mengungkapkan bahwa aparatur pemerintah harus bisa bertindak sebagai representasi kepala daerah dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat tanpa mengesampingkan pertanggungjawaban yang jelas berupa sebuah dokumen.Dengan demikian, terwujudnya sinergisitas yang efektif dan efisien menjadi hal yg mutlak wajib dimiliki dalam menjalankan tugas roda pemerintahan. 

No comments: