01 October 2014

Masyarakat KBB Harus Jadi Pelaku Pasar Bebas

Jalurberita.com -Dalam menghadapi era pasar bebas pada 2015 mendatang, Pemerintah Kabupten Bandung Barat berharap masyarakat bisa menjadi pelaku pada persaingan bebas tersebut dan jangn hanya menjadi obyek seperti yang terjadi selama ini. 

Menurut Bupati Bandung Barat, H. Abubakar, harapan tersebut sangat memungkinkan jika sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki, khususnya pra generasi muda memiliki kualifikasi dan kompetensi yang mumpuni dengan dibekali ilmu pendidikan serta keterampilan. 

"Saya yakin masyarakat kita mampu menjadi pelaku pada pelaksanaan pasar bebas yang dimulai tahun 2015 mendatang asalkan SDM yaang tersedia memiliki kaulifikasi dan kompetensi yang mumpuni, sehingga mampu bersaing dengan para pencari kerja serta pelaku usaha yang datang dari luar negeri," ucap Abubakar ketika membuka Bursa Kerja yang dilaksanakan Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kab. Bandung Barat di Alun-alun Kec. Cililin, Senin (29/9) kemarin. 

Karena menurutnya, pendidikan merupakan modal utama dalam lahirkan SDM yang berkualitas guna menghadapi berbagai tantangan pembangunan serta dunia usaha. 

Saat ini, pihaknya telah mencanangkan program pendidikan dasar 12 tahun Plus atau setara tingkat SLTA yang dibekali dengan kemampuan guna menghadapi dunia kerja, sehingga para lulusannya tidak akan kesulitan mendapatkan pekerjaan. 

"Dan untuk menghadapi era pasar global ini, saya telah memerintahkan seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk terus menjalin kerjasama guna sinergitas agar dalam menyelesaikan setiap program yang telah direncanakan tidak hanya mengandalkan satu dinas saja, tetapi dengan melibatkan seluruh dinas terkait," harapnya. 

Sementara itu, berkaitan dengan bursa kerja yang dilaksanakan, Kepala Dinsosnakertrans Kab. Bandung Barat, Drs. Heri Partomo menyebutkan bahwa kegiatan tersebut sengaja dilaksanakan guna mempertemukan para pengguna tenaga kerja dengan para pencari kerja dengan menyediakan sekitar 1350 lowongan kerja dari sekitar 30 perusahaan yang bergerak dibidang alkes, tekstil, garmen, percetakan, makanan, obat-obatan, properti dan lain-lain. 

"Setidaknya para pencari kerja, khususnya yang berada di wilayah selatan Kab. Bandung Barat bisa sedikit terbantu dengan adanya bursa kerja ini disamping membantu para pengguna tenaga kerja dalam mendapatkan tenaga kerja yang sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan perusahaannya," tegasnya. (**)