02 October 2014

Didik Anak Dengan Nilai Budaya Sendiri

Jalurberita.com - Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kab. Bandung Barat, Hj. Elin Suharliah Abubakar meminta seluruh orang tua untuk memperkenalkan dan menanamkan nilai-nilai budaya daerah sendiri kepada anak-anak agar tidak mudah terpengaruh oleh derasnya pengruh budaya budaya luar yang masuk dengan mudah kedalam kehidupan sehari-hari melalui berbagai media, baik media massa cetak dan elektronik maupun media sosial serta media online.

"Saat ini arus budaya luar masuk dengan begitu deras dan sangat mudah kedalam kehidupan kita. Sehingga, sangat berpengaruh kepada kehidupan psikologis anak-anak. Jadi, jika kita lebih mengawasi dan membatasinya dengan terus memperkenalkan budaya sendiri maka dengan sendirinya anak-anak yang akan menjadi penerus bangsa ini akan lebih mengenali budaya sendiri dan mengaplikasikannya dalam kehidupannya kelak," ujar Elin dalam peringatan Hari Keluarga Ke-XXI, Hari Anak Nasional dan Hari Agraria Nasional tingkat Kab. Bandung Barat di Plasa Mekarsari, Ngamprah, Kamis (2/10) siang kemarin.

Selain itu, dalam mendidik anak, Ia menghimbau kepada para orang tua dan para pendidik agar ada sebuah sinergisitas antara pendidikan yang diberikan disekolah dengan yang diberikan dirumah agar anak-anak lebih mudah mengerti dan tidak membingungkan akibat adanya perbedaan ajaran dari guru dan orang tua.

Agar lebih mudah dimengerti dalam memberikan pendidikan, orang tua dan pengajar juga harus memberikan pelajaran dengan cara-cara yang menyenangkan melalui berbagai permainan yang mereka sukai, sehingga akan lebih mudak dipahami dan selalu diingat sepanjang hidupnya.

"Jangan pernah melakukan kekerasan dalam mendidik anak, baik dengan membentak, memukul, menyentil dal sebagainya. Karena, dengan cara tersebut akan menimbulkan dampak negatif bagi kehidupan dan psikologis anak," tegasnya. 

Bupati Bandung Barat, H. Abubakar menjelaskan bahwa dirinya menaruh harapan yang sangat besar kepada anak-anak sebagai generasi penerus yang akan melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan bangsa 10-20 tahun kedepan.

"Karena ditangan anak-anak sekarang masa depan bangsa ini akan ditentukan. Jadi, apa yang kita tanamkan dan didik pada mereka menentukan masa depan bangsa ini dimasa depan," katanya. Dengan demikian, Abubakar menuturkan bahwa para orang tua berkewajiban untuk mendidik anak-anak dengan baik agar bisa menjadi generasi yang unggul dan bermanfaat bagi orang tua, agama, nusa dan bangsanya.