30 September 2013

Jual Bibit Jeruk Primon Lembang

Jalurberita.com - Keberadaan jeruk Frimong Lembang akhir-akhir ini menjadi perhatian sebagian masyarakat pencinta jeruk, khususnya jeruk lembang. Jeruk lembang menjadi salah satu ikon yang akan di kembangkan dan menjadi salah satu komoditas unggulan pertanian Jawa Barat, jeruk lembang perlu terus dibudidayakan. Untuk itu, Pemkab Bandung Barat menyiapkan 30 hektare lahan untuk ditanami jeruk lembang.Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Bandung Barat (KBB), Ida Nurhamida. Ia mengatakan, lahan seluas itu tidak hanya difokuskan di kawasan Bandung Utara (KBU), tapi tersebar di seluruh wilayah Bandung Barat.

Kualitas jeruk lembang tidak kalah dibandingkan jeruk garut. Rasanya yang manis dan ukurannya di atas rata-rata jeruk lokal serta bulirnya yang besar, membuat semua pihak yakin akan prospek cerah buah lokal tersebut. Selain itu, jeruk jenis ini sangat tahan terhadap berbagai penyakit yang biasa menyerang pohon dan buah jeruk, terutama serangan CPPD, virus yang sering menyerang tanaman dan buah jeruk

Jeruk lembang jenis primon kini semakin diminati warga. Walaupun belum begitu terkenal seperti berbagai jenis jeruk lainnya, jeruk ini selalu ludes terjual setiap hari di sejumlah kios di Pasar Panorama Lembang. salah satu pemasok jeruk dari sebuah kebun di Desa Langensari kecamatan lembang kabupaten bandung barat.



Salah seorang pembibit jeruk lembang jenis primon Asep Saepudin, mengaku bahwa ia salah satu pionir dalam pengembangan jeruk lembang jenis primon. Jeruk yang ada di lembang kebanyakan darinya, ungkapnya. Asep megaku masih kesulitan untuk merubah pola pikir masyarakat untuk menjadi petani jeruk, khususnya jeruk lembang jenis primon.



Dua tahun belakangan ini Asep, pokus pada pembibitan jeruk lembang jenis primon, berbagai jenis jeruk ada di lokasi pembibitanya. harga jual bibit jeruk lembang jenis primon yang berukuran 60 cm Rp. 45.000,- kalaupun ada peminat yang akan membeli dengan jumlah yang banyak bama kelompoknya sanggup dan menyanggupinya, karena kelompok pembibitan di desa cibodas kp areng Rt 01 RW 07 telah banyak dan tersebar di kecamatan lembang.
selain jenis jeruk lembang jenis primon kelompoknyapun mampu mengaadakan berbagai jenis jeruk yang ada di pasaran tentunya dengan harga yang berbeda-beda



Harga Jeruk Lembang jenis primon
Ukuran kecil Rp.35.000,-
Ukuran Sedang Rp. 45.000,-
Besar Rp.70.000,-
Besar dan Sudah Memakai Pot Rp. 350.000,-
Harga Tersebut sangat tergantung jumlah permintaan semakin banyak maka akan semakin murah.

Pusat Bibit berbagai Jenis Jeruk 
Asep Saepudin
Alamat desa Cibodas kp areng RT 01 RW 07 Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat
081321484522, 08983143003, 085220145220