23 December 2012

Lebih Dekat Dengan SENDI S.A PRATAMA

Jalur berita.com - Sendi Sidiq Achmad Pratama lahir di Bandung 17 Januari 1987 merupakan anak pertama dari pasangan Ir. Hernawan Dance dan Indah lestari. Sendi mendapatkan gelar Bachelor of Management dari School of Business and Management - ITB (SBM-ITB) pada tahun 2007, dimana studi-nya diselesaikan dalam waktu 3 tahun. 
DITEMPA DALAM DUNIA USAHA

Add caption
Dunia usaha bukanlah barang baru bagi Sendi Pratama, dimana Sendi telah memulai usaha kecil-kecilan semasa SMA dengan melakukan jual beli velg mobil modifikasi dan kegiatannya dalam bidang wirausaha berlanjut pada tahun terakhirnya di ITB dengan membuka sebuah cafe dengan nama Virgin Steak Ribs & More, hasil patungan dengan sahabat-sahabatnya. Usaha ini merupakan tempaan pertama dari dunia usaha yang sesungguhnya karena pada masa inilah Sendi pertama kali belajar mengatur sebuah perusahaan.

Semangat dan keinginan untuk belajar membuat Sendi tidak segan untuk mengambil resiko dengan mencoba berbagai bidang usaha mulai dari brand activation, perdagangan, bidang pertambangan, properti dan energi terbarukan. Walaupun tidak semuanya berjalan sesuai dengan yang diharapkan tetapi Sendi tidak pernah setengah-setengah dalam melakukan sesuatu dan kerugian yang dialami dianggapnya sebagai tahap pembelajaran dalam proses development diri dan continous improvement terhadap skill dan insting dalam berwirausaha. Karena penggemar olahraga golf ini tahu resikonya dengan terjun kedalam dunia usaha, yang terpenting ialah fokus terhadap tujuan dan menjalankan sesuai perencanaan serta kemampuan adaptasi terhadap keadaan selama prosesnya berlangsung.

Dunia usaha ini menjadi tempaan untuk menjadi ahli strategi, problem solver, eksekutor dalam pembuat keputusan, "pengkaderan" untuk para pegawai dan tanggung jawab. Sehingga dapat dikatakan Sendi Pratama mendapatkan ujian yang keras disini.

TERJUN KE POLITIK UNTUK RAKYAT

Menjadi politisi merupakan cita-cita Sendi Pratama sejak kecil dimana tersebut terinpirasi dari Almarhum kakeknya Drs.H. Achmad Endang yang merupakan Bupati dan Walikota pada masa Orde Baru. Sendi melihat sepak terjang beliau sebagai sosok politikus yang benar-benar melayani rakyat dan bekerja untuk mensejahterakan rakyat, sehingga Sendi berkeinginan untuk meneruskan apa yang telah dilakukan oleh Almarhum kakeknya yaitu menjadi politikus yang memperhatikan dan mementingkan rakyatnya.

Pada umumnya pengusaha menghindar dari dunia politik, tetapi dengan melihat iklim usaha yang tidak mendukung dan kurangnya keterpihakan pemerintah membuat pengusaha mau tidak mau harus terlibat dalam politik. Karena jika ingin merubah suatu keadaan menjadi lebih baik tidak bisa dari luar sistem dan harus masuk kedalam sistem tersebut.

Perkenalan Sendi Pratama dengan dunia politik terjadi pada tahun 2008 dengan menjadi Ketua PD Jawa Barat Tunas Indonesia Raya, yaitu sebuah organisasi sayap dari salah satu Partai di Indonesia dan keinginanya untuk lebih aktif dalam politik praktis berlanjut dengan Partai NasDem hingga saat ini. Hal yang menjadi perhatian Sendi ialah kesenjangan sosial masyarakat, sulitnya lapangan pekerjaan dan pemimpin yang tidak amanah sangat berpengaruh terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara, yang dampaknya ialah kesejahteraan rakyat menjadi terabaikan. Salah satu solusinya ialah dengan pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan wirausaha, dengan wirausaha akan terjadi penciptaan lapangan kerja dan peningkatan kesejahteraan. Dengan niat inilah Sendi Pratama berencana mencalonkan diri sebagai anggota Legislatif DPR RI dari daerah pemilihan Jawa Barat II (Kabupaten Bandung & Kabupaten Bandung Barat) dari Partai NasDem untuk harapan dan perubahan menuju Indonesia  yang lebih baik.

No comments: