24 November 2009

Manajemen Kepemimpinan

Kepemimpinan adalah bagian yang sangat penting untuk menentukan maju atau mundurnya suatu organisasi. Demikian pula dalam tubuh Polri, kualitas prestasi yang dicapai tidak terlepas dari peran kepemimpinan yang dilaksanakan dalam tubuh Polri. Kepemimpinan meliputi bagaimana kemampuan memenejemen (mengelola) suatu pekerjaan. Apalagi kalau dikaitkan dengan isu sentral yang selama kurang lebih dua minggu menghiasi media massa yaitu “polemik cecak dan buaya”.

Dengan telah bergesernya permasalahan penegakan hukum menyebabkan kasus “Bibit dan Candra” dalam sikap presiden yang ditanyangkan secara live di beberapa televise yang intinya terhadap permasalahan “Bibit dan Candra” tidak dapat dilanjutkan ke ranah hukum dengan alasan “masyarakat tidak percaya lagi kepada hukum dan untuk menjaga kamdagri agar tetap kondusif “.

Selanjutnya presiden khusus untuk lembaga peradilan yaitu Polri, Kejaksaan dan KPK, Presiden mengintruksikan agar mereformasi diri sehingga permasalahan “Bibit dan Candra” tidak terulang lagi di kemudian hari. Berbicara peran dan fungsi Kepolisian sebagaimana dinyatakan dalam Undang-Undang No. 2 Tahun 2002 tentang Polri yaitu mewujudkan keamanan dalam negeri yang meliputi terpeliharanya keamanan dan ketertiban masyarakat, tertib dan tegaknya hukum, terselenggaranya perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat, serta terbinanya ketenteraman masyarakat dengan menjunjung tinggi hak asasi manusia.

Seiring dengan perubahan masyarakat, Polri telah jauh-jauh hari melakukan berbagai perubahan berupa paradigma baru Polri yang terimplementasi dalam perubahan kultur dari militeristik ke Polisi sipil yang ditandai dengan adanya perubahan pendekatan perilaku dari antagonis menjadi protagonis, maka gaya kepemimpinan Polri di mulai dari tataran tingkat hight level manager sampai dengan low level manager mengalami perubahan paradigma, hal ini sejalan dengan tuntutan perubahan paradigma baru Polri yang telah di gariskan dalam grand strategi Polri jangka panjang, yang bermuara pada perwujudan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan terwujudnya postur Polri yang professional, modern, patuh hukum dan humanis.

No comments: